Selasa, 27 September 2011

HP Android - Pengertian HP Android

Pengertian HP Android - Apakah yang ada di benak anda begitu mendengar kata Android, bagi yang sudah menggunakan Android mungkin tidak perlu terlalu dalam mikirinnya, nah bagi anda yang belum tahu sama sekali apa itu Handphone Android. Dewasa ini, istilah handphone Android atau hp Android mungkin sudah sering terdengar oleh telinga Anda. Ya, kecanggihan hp Android telah membuat penasaran banyak masyarakat, khususnya di Indonesia. Sebenarnya, apa itu hp Android?

Benarkah kecanggihannya sama seperti apa yang sering dielu-elukan dan dibanggakan oleh distributor dan kalangan yang sudah memilikinya? Untuk mengetahui jawaban yang sebenarnya tentang kehebatan hp Android, sepertinya Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu Android?


Apa Itu Android
Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang penggunaannya dikhususkan dan dibatasi hanya pada handphone saja. Salah satu yang menarik dari sistem operasi Android ini adalah ketersediannya sebuah platform yang memungkinkan para pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi buatannya sendiri untuk kemudian dapat digunakan oleh semua masyarakat yang menggunakan Android.

Sampai saat ini, sistem operasi Android terdiri atas dua tipe. Tipe pertama merupakan sistem operasi Android yang memiliki dukungan penuh dari Google sebagi pemiliknya. Sedangkan tipe kedua merupakan sistem operasi Android yang distribusinya benar-benar dibebaskan tanpa adanya control atau dukungan dari Google. Tipe Android yang kedua ini lebih dikenal dengan sebutan Open Handset Distribution.

Kelebihan Hp Android
Dibanding dengan hp pintar atau smartphone lainnya, hp Android memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan hp Android ini, di antaranya sebagai berikut.

Android merupakan software untuk hp yang memakai basis kode komputer yang didistribusikan secara terbuka (open source). Dengan kelebihan itu, pengguna bisa melakukan berbagai pengembangan untuk memodifikasi ata menyempurnakannya.

Dari segi lisensi, harga Android lebih murah dibanding dengan lisensi yang dimiliki sistem operasi Blackberry yang dikembangkan RIM, sistem operasi pada Iphone besutan Apple, dan sistem operasi pada PDA yang menggunakan windows mobile.

Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis linux, sehingga sangat aman dari berbagai ancaman virus yang berbahaya. Selain itu, kinerjanya pun sangat stabil.
Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti pushmail Gmail, Google calendar, dan google maps.

Tampilan antarmukanya sangat sederhana sehingga penggunaanya sangat mudah.

Beberapa Versi Sistem Operasi Android

Sampai saat ini, setidaknya telah ada enam versi sistem operasi Android yang bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat. Enam versi Android yang telah beredar tersebut, di antaranya sebagi berikut.

1. Android Versi 1.1
Versi Android ini rilis pertama kali pada 9 Februari 2009. Tampilan antarmuka versi ini sangat familiar dan mudah dipakai. Dalam versi ini terdapat aplikasi standard alarm dan olah pesan.

2. Android Versi 1.5 (Cupcake)
Versi ini merupakan hasil pengembangan dari versi terdahulunya yag telah ditambah beberapa efek animasi. Versi ini resmi dirilis pada 30 April 2009. Versi ini mampu merekam video, mengunggah foto ke picasa dan mengunggah video ke youtube. Selain itu terdapat tambahan pilihan copas pada internet.

3. Android Versi 1.6 (Donuts)
Versi ini lebih mengedepankan terobosan baru dalahm hal konektivitas dan sistem jaringan. Versi ini resmi dirilis pada 15 September 2009

4. Android Versi 2.0/ 2.1 (Eclair)
Versi ini memiliki banyak pengembangan dalam hal optimasi hardware dan juga perangkat lunaknya. Versi ini drilis pada 3 Desember 2009

5. Android Versi 2.2 (Froyo)
Versi ini merupakan penyempurnaan dari Android versi 2.0 Eclair. Versi ini resmi dirilis pada 20 Mei 2010 dan mendapatkan perbaikan pada 20 Juni 2010.

6. Android Versi 3.0
Versi yang terakhir ini belum resmi dirilis pada Oktober 2010. Untuk bisa menggunakan versi ini, handphone yang digunakan harus memiliki spesifikasi minimum CPU ! Ghz, Memory 512, dan diagonal layar 3,5 Inchi.

Sumber : anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.