Selasa, 13 Desember 2011

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja adalah salah satu berkas terpenting yang menentukan keberhasilan atau kegagalan Anda dalam melamar suatu pekerjaan. Selain berfungsi memberikan informasi tentang diri Anda, sebuah surat lamaran kerja harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa Andalah orang yang paling tepat untuk menempati jabatan tersebut.

Jika salah satu syarat lowongan kerja menyebutkan kemampuan dalam berbahasa Inggris lisan dan tulisan, maka trik yang terbaik adalah menulis surat lamaran Anda langsung dalam bahasa Inggris karena hal ini akan meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan posisi tersebut.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris (maupun bahasa Indonesia):

1. Mengenali kebutuhan perusahaan.
Cobalah cari tahu latar belakang perusahaan, orang seperti apa yang mereka butuhkan, keahlian apa yang mereka inginkan dari pelamar kerja. Semua ini biasanya tercantum dalam iklan lamaran kerja itu sendiri dan untuk informasi lebih lanjut, cobalah mencari tahu tentang perusahaan tersebut melalui website mereka (jika ada). Setelah mendapatkan semua informasi itu, tonjolkanlah di dalam surat lamaran yang Anda buat.

2. Gunakanlah bahasa yang formal, namun tidak dibuat-buat.
Tunjukkan antusiasi dan semangat Anda lewat tata bahasa yang menarik tapi tetap sopan, singkat dan padat.

3. Ketiklah surat lamaran dengan rapi menggunakan computer.
Cek ulang semua spelling dan tata bahasa (grammar). Kesalahan kecil dan sepele justru akan memberikan kesan ceroboh sehingga kemungkinan untuk gagal lebih besar.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris untuk beberapa profesi:

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris ACCOUNTING STAFF

Susanto Darmadi, S.E
Jl. Selat Sunda No.1
Jakarta Utara 00000
Tel. 0811 000 000
susanto@xyz.com

Jakarta, January 5th, 2011
HR Department
PT TRI WARNA LESTARI
hrd@triwarnalestari.com

Dear Sir/Madam,

I would like to apply for the post of Accounting Staff which you have advertised in Kompas on December 31, 2010. I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. With over two years of experience in accounting, I offer immediate value to your company.

I have great knowledge regarding all aspects of general accounting and financial reporting. I have good command of all the required software programs, including Word, Excel and accounting software such as Zahir and Accurate.

I am proficient in general accounting, accounts receivable/payable, payroll processing, data collection and analysis, banking activities and employment tax reporting. My financial strength include budgeting, reporting, auditing, month-end closing, preparing timely financial statement and managing annual budget process.
For your further consideration, I have a bachelor degree in Accounting from Gadjah Mada University. I am hardworking, have good command of English, detail-oriented, excellent in maths and able to work well under pressure.

Thank you very much for your attention. I’m looking forward to hearing from you soon.

Yours Sincerely,

Susanto Darmadi, S.E

Sumber: http://www.isdaryanto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.