Jumat, 27 Januari 2012

JAM KHUSUS MUSLIM : DALIL kompas+penunjuk kiblat solat,Rare item

INI ADALAH SALAH SATU JAM BUATAN YANG DIBUAT KHUSUS UNTUK NEGARA ARAB


jam merk DALIL ini sangat Unik desainnya,dengan diameter 40mm,jam ini tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu,tetapi juga berfungsi untuk menentukan arah mata angin/compas dan menentukan arah kiblat Sholat.

knop jam ini pun terbilang unik,ada 2 knop yang 1 knop jam penyetelan waktu dan yang 1 nya ada dibawah case jamnya yang berfungsi untuk menyetel dan menentukan arah kiblat solat
pada dial jam ini di sekelilingnya ada tulisan arabnya dan ada petak2 koordinat yang berguna untuk mengukur arah kiblat solat

jam DALIL ini waktu pertama kali saya lihat jam ini ada tulisan di atas dial 6 tulisan "quartz"
hal ini menandakan jam ini memakai quatz movement,tetapi pada saat saya buka jam ini,ternyata mesinnya manual winding 17 jewels 2 jarum.entah buatan mana,kemungkinan buatan swiss/rusia saya juga kurang paham.
akan tetapi terlepas dari betul atau tidak keaslian movement jam ini,yang jelas mesin jam manual winding ini berjalan dengan akurat dan normal sampai sekarang.


Yang sangat saya sukai dengan jam ini adalah bentuk case jamnya yang unik dengan penempatan knop jam yang berbeda dan fungsinya yang beragam mulai dari penunjuk waktu,compas dan penunjuk kiblat arah solat yang masih berfungsi dengan baik.dulu sempat saya punya jam dalil dengan movement automatic seperti gambar dibawah ini:


tetapi sayang jam itu di pinang oleh salah satu kolektor jam di Jakarta.alhamdulillah saya mendapatkan gantinya yang akan tetap saya simpan sebagai koleksi jam pribadi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.