Minggu, 13 Februari 2011

TIPS AGAR HANDPHONE AWET DAN TAHAN LAMA

Tips Agar Handphone Awet dan Tahan Lama. Zaman sudah semakin canggih ditambah lagi harga handphone (hp) sudah semakin murah, tapi apakah tips agar handphone awet dan tahan lama masih diperlukan? Jawabanya bisa iya dan bisa juga tidak tergantung pribadi masing2 kali ya? Kalau emang membutuhkan informasi tentang Tips agar handphone awet dan tahan Lama silahkan di lanjut ya !! Kalau tidak, karena udah terlanjur ya baca aja dech... he..he..

TIPS AGAR HANDPHONE AWET DAN TAHAN LAMA

Harga handphone saat ini sudah gila2 an mulai dari yang murah sekitar 200 rb hingga jutaan juga ada, namun sayang yang harga goceng an gak ada. Jadi, tinggal pilih yang sesuai dengan kantong, keperluan, spesifikasi atau hanya sekedar gengsi dan status sosial... yang jelas setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda,

Apapun Hp yang menjadi pilihan, pastinya mempunyai dasar perawatan yang hampir sama agar pemakaian lebih awet. Berikut tips agar handphone awet dan tahan lama termasuk juga diulas tentang merawat baterai handphone, yang goceng blog kutip dari kompasiana :

1. Biasakan mencharge baterai dalam kondisi Hp non-aktif.
Ini dimaksudkan agar kondisi dan umur baterai tidak cepat drop. Alasannya adalah, karena bila sering mencharge dalam posisi Hp aktif, maka aliran daya listrik akan terus mengalir ke baterai tersebut dan kadang mengakibatkan baterai ‘hamil’ alias membengkak. Lain cerita jika teknologi Hp-nya sudah mengadopsi fitur ‘aliran listrik terputus otomatis’ saat daya sudah penuh. Fitur ini hanya bisa dijumpai pada Hp keluaran tahun 2008 ke atas. Dan rata-rata waktu mencharge Hp antara 1 – 3 jam untuk baterai yang masih normal.

2. Membersihkan seluruh permukaan casing dan layar Hp dengan minyak telon atau tissue khusus.
Ini dimaksudkan agar kondisi dan tampilan Hp tetap ‘cling’ seperti baru, juga menghilangkan bercak keringat tangan atau debu. Lakukan saja secara rutin seminggu sekali. Alasannya adalah, minyak telon tidak merusak lapisan casing (plastik ataupun stainless) dan tidak meninggalkan jejak pada Hp karena sifat zatnya yang lembut. Berbeda bila anda memakai alkohol atau cairan keras lainnya, justru malah membuat semakin kusam dan merusak lapisan casing Hp tersebut.

3. Pakailah sarung silicon yang sesuai.
Ini dimaksudkan agar mengurangi benturan saat Hp terjatuh, atau meminimalkan goresan yang terjadi. Jangan membiasakan memakai sarung yang terbuat dari kulit atau bahan keras yang lain. Alasannya adalah, silicon terbuat dari bahan yang elastis dan lentur mengikuti bentuk Hp. Berbeda dengan sarung kulit yang malah bisa membuat Hp lecet dan tergores oleh kancing besi atau magnet yang terdapat pada sarung itu. Bahkan tak jarang magnet tersebut menarik LCD Hp menjadi bias. Kecuali sarungnya berkelas seperti merek Wellcomm, Royal, Solid, Alvaro, dll. Yang penting jangan memakai sarung cap Gajah Duduk, wkwkwk…

4. Gunakan accessories original atau bermerek.
Ini dimaksudkan agar handset anda terhindar dari kerusakan permanen karena alat pendukung yang tidak kompatibel. Alasannya adalah, accessories tiruan sering kali tidak mengikuti prosedur baku yang sudah ditetapkan oleh produsen Hp. Selain baterai, mungkin dibenarkan untuk tidak memakai yang original. Di pasaran memang selisih harga antara yang asli dan tiruan sangat jauh. Tetapi utamakan kwalitas dan kepuasan, itung2 sayang sama diri sendiri koq. Hehehe..

5. Matikan Bluetooth, Wi-fi, GPRS, bila sedang tidak digunakan.
Ini dimaksudkan agar konsumsi baterai tidak cepat habis karena tersedot oleh fitur tadi. Selain itu agar Hp anda aman dari virus melalui bluetooth yang disebarkan oleh orang-orang iseng karena mendapat sinyal bluetooth dari Hp anda.

6. Simpan Hp di dalam dusnya, gak usah dipakai. Hahahaha, ya ealaaa pasti awet. Maaf yaa… cuma guyon saja.

Semoga Tips Agar Handphone Awet dan Tahan Lama ini bisa bermanfaat untuk, dan bila nantinya Hp berniat untuk dijual tentu akan diterima tinggi harganya. :)
[thanks zuragan Qripix]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.