Rabu, 11 April 2012

Proses Pembuatan Animasi Shaum The Sheep

Salam Azoners, Suka Nonton Animasi spesial di mnctv Shaun The sheep , kalo Belum pernah nonton Kebangetan Banget Tuh Orang Haaa ..!!! Animasi yang tayang pada pkl 18:00 Wib di Mnctv Ini selalu menempati peringkat top 10 Acara Tv Yang paling Banyak di tonton orang indonesia, pada jam Prime Time. walaupun Tayangannya banyak di Ulang-Ulang Tapi Karena Ceritanya Menarik ya pastinya Orang Nggak Bosen dong Buat Nontonnya Lagi Animasi Shaun The shepp  !

Tapi kalian tau Nggak sih di Belakang Layar Pembuatan Animasi Shaum The Sheep  berikut ini kita akan mengintip bagaimana pembuatan animasi Shaum The sheep dari Awal Sampe Akhir Yang di Kutip Dari Blognya BoyTrik Berikut Selengkapnya  Cekidot !

1. Pembuatan Story Board dan Story line

Setelah ide ceita di buat oleh scriptwritter, maka selanjutnya Story Boardmaker membuat Story Board dan Story Line. Walaupun teknologi IT sudah semakin canggih, tetapi para Story BoardMaker membuatnya secara maual dengan tangan. 

2. Persiapan Media dan Space

Rumput tiruan dilekatkan pada plat baja dan semua property termasuk rumah-rumahan, pohon-pohonan, meja, rerimbunan tanaman, dll dipasang magnet pada bagian dasarnya sehingga bisa melekat kuat pada rumput supaya posisi tetap terjaga. Latar belakang berupa layar dengan gambar sesuai dengan situasi scene dan didukung tata cahaya sedemikian rupa. Perlengkapan perbengkelan sepertinya sudah menjadi keharusan pada tahap ini.

3. Pembuatan Property dan Kostum
Semuanya dibuat manual menggunakan tangan oleh seorang Property Maker untuk menghasilkan bentuk yang seperti seharusnya. Inilah komentar dari Property Maker Helen Javes : “Semuanya dibuat manual, sehingga sangat rumit. “Bahkan kaki meja dibuat manual untuk mendapatkan bentuk yang tepat.” Pekerjaan Property maker bukan tanpa risiko. Jari teriris pisau tajam, dan terbakar akibat panas dari lem adalah resiko pekerjaan sehari-hari.

4.Pembuatan Model dan Tokoh

 Kalau model cikal-bakal animasi stop motion (primitif) dibuat menggunakan lempung (tanah liat), maka disini Model dibuat menggunakan bahan semacam plasticine atau silikon yang beberapa didalamnya telah dipasang kawat. Sebenarnya untuk bahan bisa digunakan apa saja yang penting mudah dibentuk dan tidak mudah patah saat dilakukan perubahan-perubahan gerakan (stop motion). Setiap bagian anggota tubuh dapat dilepas dan dipasang dan setiap tokoh bisa memiliki beberapa buah untuk bagian tubuh yang sama (mata, kepala, kaki, telinga, rambut, bibir/mulut, dll) untuk memudahkan perubahan ekspresi karakter.

5. Pengaturan Ekspresi
 
 Ekspresi Wajah merupakan bagian yang penting untuk menggambarkan kondisi hati tokoh/karakter dalam hal ini Domba-domba kelompok dari shaun the sheep dan tokoh pendukung lainnya. Selain itu dengan adanya perubahan ekspresi diharapkan karakter akan terkesan lebih hidup. Perubahan Ekspresi dilakukan dengan mengubah bentuk kelopak mata, posisi titik hitam pada mata, bentuk mulut, tampilan gigi, telinga, rambut, dll. Sepertinya pada tahap inilah dibutuhkan ketelitian dan kesabaran paling ekstra karena kesalahan akan dapat mempengaruhi konsistensi karakter. 

6. Suku Cadang dan Penyimpanan

 
Kalau dilihat sekilas seperti kotak penyimpanan mainan anak-anak
 7. Pengaturan Posisi Karakter/Obyek (Stop Motion)


Susah dan Ribet Bukan Buatnya Haaa ,Jadi Kalo Nonton Animasi Shaun The Sheep trus di ulang-ulang jangan Protes karena pastinya Harga Jual Animasi Ini Tinggi Karena buatnyapun Sulit Dan Rumit Bukan ^_^ Salam Azoners

Thanks To Artikel By Boytrik

Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.